10 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Olahraga

Tidak ada komentar


1. Temui dokter anda untuk evaluasi kesehatan
Dokter anda akan memberikan keterangan dan nasihat yang berhubungan dengan bagaimana sebaiknya anda memulai kegiatan olahraga.
konsultasi ke dokter
http://cucu-sutendi.blogspot.com

2. Pakailah pakaian olahraga yang sesuai
sepatu olahraga yang digunakan sebaiknya yang ukurannya pas di kaki anda, tidak terlalu sempit ataupun longgar. begitu juga baju olahraga, pilihlah yang sesuai dengan keadaan cuaca tempat anda berolahraga. dengan demikian akan lebih memastikan anda berolahraga secara aman dan nyaman.

3. Mulailah secara perlahan 
berolahraga untuk pertama kalinya setelah sekian lama vakum akan meningkatkan resiko anda cedera. oleh karena itu sebaiknya mulailah olahraga dari intensitas rendah yang secara perlahan dapat anda tingkatkan sendiri.

4. Warm-Up
Warming up (pemanasan) dapat mengurangi resiko anda cedera bila anda melakukan olah fisik yang tergolong dalam intensitas sedang-berat. pemanasan sebaiknya dilakukan minimal selama 3-5 menit. ingat, bahwa pemanasan yang dilakukan secara benar dapat mengurangi resiko cedera sampai 95%.
stretching
http://cucu-sutendi.blogspot.com
5. Stretch your muscles
Stretching (peregangan) otot-otot anda sebelum, sesaat dan sesudah berolahraga akan memberikan performa yang lebih baik, postur yang lebih bagus, dan secara umum membuat anda menjadi lebih fit.
drink water
http://cucu-sutendi.blogspot.com
6. Minum
Minumlah air sebanyak mungkin dalam satu hari. selama berolahraga tubuh anda butuh sebanyak 1-2 liter setiap 20 menit untuk mengganti cairan yang hilang.

7. JANGAN LAWAN CEDERA
dengarkanlah tubuh anda. jika anda merasakan nyeri, maka BERHENTI. jika nyeri tidak hilang dalam beberapa hari, temui dokter anda.

8. Pendinginan setelah olahraga
Pendinginan sangat penting untuk merelaksasi kembali otot-otot anda, menurunkan denyut jantung, dan membantu tubuh untuk recovery saat olahraga.
good-fats-vs-bad-fats
http://cucu-sutendi.blogspot.com
9. AWASI APA YANG ANDA MAKAN
diet yang sesuai sama peranannya dengan olahraga dalam mencapai kondisi fisik yang fit. apa yang anda makan akan mempengaruhi setiap aspek latihan anda.
hobby-courses
http://cucu-sutendi.blogspot.com
10. Bersenang-senang
Pilihlah suatu aktifitas yang yang membuat anda seimbang dalam hidup dan dapat nikmati.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar